Pengertian Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik
Pengertian Pasar Monopolistik
Ciri Ciri Pasar Monopolistik
Kekurangan Pasar Monopolistik
Keuntungan Pasar Monopolistik
Perkembangan Teknologi dan Inovasi
Kesimpulan
Pengertian Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah suatu pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen dalam menghasilkan barang yang sama tetapi masing-masing pada barang tersebut mempunyai perbedaan pada beberapa aspek.
Ciri Ciri Pasar Monopolistik
Mengetahui ciri-ciri pasar persaingan
monopolistic dengan melihat karakteristik pada pasar tersebut. Berikut beberapa
ciri-ciri pasar monopolistic dibawah ini:
1. Terdapat Banyak Produsen/Penjual
Pada pasar monopolistic terdapat banyak sekali produsen atau penjual
didalamnya. Setiap produsen mempunyai skala produksi sama pada produsen yang
lainnya.
2. Terdapat
Diferensiasi Produk
Pasar monopolistic terdapat banyak produk yang sama, tetapi memiliki perbedaan
pada pengemasan, bentuk, corak, dan kualitasnya.
Dalam hal ini, perbedaan produk pada masing-masing produsen akan membuat produk
tersebut mempunyai sifat pengganti yang dekat (close substitute) tetapi bukan
pengganti yang sempurna.
3. Produsen
Dapat Menentukan Harga
Produsen yang memproduksi barang berkualitas dan keistimewaan tersendiri akan
membuat produsen bisa menentukan harga sendiri. Contohnya pada industry Shampo,
produsen yang pertama membuat Shampo dengan mempunyai manfaat menguatkan akar
rambut, untuk produsen yang kedua membuat Shampo dengan mempunyai manfaat anti
ketombe.
4. Produsen
Mudah Keluar Masuk Pasar
Didalam pasar monopolistik, produsen bisa masuk dan keluar pasar dengan mudah
sesuai pada kebutuhannya. Disaat produsen masih sedikit, biasanya akan membuat
keuntungan yang lebih tinggi. Tetapi produsen yang banyak, keuntungan akan
menjadi berkurang.
5. Produsen
Harus Melakukan Promosi
Salah satu yang sering dilakukan dalam pasar monopolistic yaitu membentuk persepsi
konsumen pada produk yang dijual. Maksudnya yaitu dengan cara berpromosi atau
beriklan secara rutin pada produk yang dijual.
Kekurangan Pasar Monopolistik
• Pasar monopolistic mempunyai persaingan yang
sangat ketat, baik pada segi harga, kualitas, maupun pelayanannya. Produsen
yang memiliki modal sedikit dan mempunyai pengalaman yang kurang akan cepat
berpindah pada pasar ini.
• Pada pasar ini akan membutuhkan modal yang
besar, baik itu pada produksi, operasional, dan juga pemasarannya. Para produsen
didalam pasar ini adalah mereka yang mempunyai modal besar dan pengalaman yang
sangat baik.
• Diharuskan melakukan inovasi untuk membuat
biaya produksi semakin tinggi sehingga akan mempengaruhi harga produk yang akan
dibeli oleh konsumen.
Keuntungan Pasar Monopolistik
· Banyaknya produsen dalam pasar sehingga konsumen memiliki banyak alternatif produk.
· Produsen dapat bebas keluar dan masuk pasar karena tidak ada hambatan yang berarti (tidak ada barriers to entry).
· Banyak inovasi yang dapat dilakukan, mulai dari proses produksi atau mengembangkan cara baru untuk menarik konsumen.
Perkembangan Teknologi dan Inovasi
Sistem pasar monopolistik cenderung sangat terbatas dalam melakukan perkembangan teknologi dan inovasi dikarenakan jika pada saat mendapat laba yang tinggi maka akan banyak perusahaan baru yang masuk ke pasar monopolistik sehingga membuat laba menjadi normal dengan kata lain laba tinggi hanya dalam kurun waktu singkat dibanding proses perkembangan teknologi dan inovasi
Kesimpulan
Pasar monopolistik adalah pasar homogen atau berarti pasar dimana produsen dan konsumen hanya saling memenuhi kebutuhan barang yang sama atau sejenis tetapi setiap produsen mempunyai ciri khas produk masing-masing,dalam pasar monopolistik tingkat persaingan bisa dibilang sangat tinggi karena setiap perusahaan mempunyai produk yang sama dan biasanya berupa barang primer atau kebutuhan sehari-hari,setiap pengusaha sangat mudah masuk dan keluar dalam pasar monopolistik karena banyaknya sumber daya alam dan peluang yang cukup lebar,setiap perusahaan berlomba-lomba menciptakan produk terbaik yang sekilas sama tapi tetap mempunyai perbedaan