Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pasar Monopolistik

Pasar Monopolistik

Pengertian Pasar Monopolistik

Ciri Ciri Pasar Monopolistik

Kekurangan Pasar Monopolistik

Keuntungan Pasar Monopolistik

Perkembangan Teknologi dan Inovasi

Kesimpulan

 

Pengertian Pasar Monopolistik

Pengertian Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah suatu pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen dalam menghasilkan barang yang sama tetapi masing-masing pada barang tersebut mempunyai perbedaan pada beberapa aspek.

Ciri Ciri Pasar Monopolistik

Mengetahui ciri-ciri pasar persaingan monopolistic dengan melihat karakteristik pada pasar tersebut. Berikut beberapa ciri-ciri pasar monopolistic dibawah ini:
1. Terdapat Banyak Produsen/Penjual
Pada pasar monopolistic terdapat banyak sekali produsen atau penjual didalamnya. Setiap produsen mempunyai skala produksi sama pada produsen yang lainnya.

2. Terdapat Diferensiasi Produk
Pasar monopolistic terdapat banyak produk yang sama, tetapi memiliki perbedaan pada pengemasan, bentuk, corak, dan kualitasnya.
Dalam hal ini, perbedaan produk pada masing-masing produsen akan membuat produk tersebut mempunyai sifat pengganti yang dekat (close substitute) tetapi bukan pengganti yang sempurna.

3. Produsen Dapat Menentukan Harga
Produsen yang memproduksi barang berkualitas dan keistimewaan tersendiri akan membuat produsen bisa menentukan harga sendiri. Contohnya pada industry Shampo, produsen yang pertama membuat Shampo dengan mempunyai manfaat menguatkan akar rambut, untuk produsen yang kedua membuat Shampo dengan mempunyai manfaat anti ketombe.

4. Produsen Mudah Keluar Masuk Pasar
Didalam pasar monopolistik, produsen bisa masuk dan keluar pasar dengan mudah sesuai pada kebutuhannya. Disaat produsen masih sedikit, biasanya akan membuat keuntungan yang lebih tinggi. Tetapi produsen yang banyak, keuntungan akan menjadi berkurang.

5. Produsen Harus Melakukan Promosi
Salah satu yang sering dilakukan dalam pasar monopolistic yaitu membentuk persepsi konsumen pada produk yang dijual. Maksudnya yaitu dengan cara berpromosi atau beriklan secara rutin pada produk yang dijual.

 Kekurangan Pasar Monopolistik

• Pasar monopolistic mempunyai persaingan yang sangat ketat, baik pada segi harga, kualitas, maupun pelayanannya. Produsen yang memiliki modal sedikit dan mempunyai pengalaman yang kurang akan cepat berpindah pada pasar ini.
• Pada pasar ini akan membutuhkan modal yang besar, baik itu pada produksi, operasional, dan juga pemasarannya. Para produsen didalam pasar ini adalah mereka yang mempunyai modal besar dan pengalaman yang sangat baik.
• Diharuskan melakukan inovasi untuk membuat biaya produksi semakin tinggi sehingga akan mempengaruhi harga produk yang akan dibeli oleh konsumen.

Keuntungan Pasar Monopolistik

·         Banyaknya produsen dalam pasar sehingga konsumen memiliki banyak alternatif produk.

·         Produsen dapat bebas keluar dan masuk pasar karena tidak ada hambatan yang berarti (tidak ada barriers to entry).

·         Banyak inovasi yang dapat dilakukan, mulai dari proses produksi atau mengembangkan cara baru untuk menarik konsumen.

Perkembangan Teknologi dan Inovasi

Sistem pasar monopolistik cenderung sangat terbatas dalam melakukan perkembangan teknologi dan inovasi dikarenakan jika pada saat mendapat laba yang tinggi maka akan banyak perusahaan baru yang masuk ke pasar monopolistik sehingga membuat laba menjadi normal dengan kata lain laba tinggi hanya dalam kurun waktu singkat dibanding proses perkembangan teknologi dan inovasi

Kesimpulan

Pasar monopolistik adalah pasar homogen atau berarti pasar dimana produsen dan konsumen hanya saling memenuhi kebutuhan barang yang sama atau sejenis tetapi setiap produsen mempunyai ciri khas produk masing-masing,dalam pasar monopolistik tingkat persaingan bisa dibilang sangat tinggi karena setiap perusahaan mempunyai produk yang sama dan biasanya berupa barang primer atau kebutuhan sehari-hari,setiap pengusaha sangat mudah masuk dan keluar dalam pasar monopolistik karena banyaknya sumber daya alam dan peluang yang cukup lebar,setiap perusahaan berlomba-lomba menciptakan produk terbaik yang sekilas sama tapi tetap mempunyai perbedaan