Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Pentingnya Mempelajari Ekonomi Manajerial

Manfaat dan Pentingnya Mempelajari Ekonomi Manajerial

Manfaat dan Pentingnya Mempelajari Ekonomi Manajerial


  1. APA MANFAAT DARI MEMPELAJARI EKONOMI MANAJERIAL
  2. APA PENTINGNYA MEMPELAJARI EKONOMI MANAJERIAL
  3. LEBIH PENTING MANA ANTARA MENINGKATKAN  KEUNTUNGAN PERUSAHAAN DENGAN MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN.
 PENJELASANNYA

  1. Ekonomi Manajerial merupakan bentuk pengaplikasian teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien. Serta menerapkan prinsip masalah ekonomi maupun bisnis, sesperti bagaimana berproduksi dengan biaya optimal (sekecil mungkin), bagaimana berbisnis dengan keuntungan optimal (maksimum), bagaimana menjual dengan harga optimal (terbesar).

MANFAAT

  • Mengevaluasi kebijakan manajerial masa lalu apakah telah sesuai atau perlu perbaikan. Kebijakan-kebijakan yang telah diambil dan dijalankan dalam operasional perusahaan terkadang tidak relevan dengan kondisi pasar yang berubah-ubah. Karena itulah evaluasi atas kebijakan tersebut sangat diperlukan guna diadakannya suatu perbaikan atau pengambilan keputusan baru yang disesuaikan dengan masalah saat ini.
  • Membantu para manajer mengenal dan melakukan identifikasi terhadap kekuatan dan kelemahan ekonomi yang bisa memengaruhi perusahaan
  • Menetapkan kebijakan keputusan yang sesuai dengan standar operasional perusahaan. Setiap perusahaan memiliki standar operasional yang berbeda antara satu dengan yang lain. Kebijakan serta peraturannya pun berbeda, disesuaikan dengan bidang atau jenis perusahaan, visi dan misi perusahaan, para pelaku dalam hal ini adalah manajer,
  • Mengidentifikasi biaya-biaya agar seefisien mungkin
  • Menetapkan harga jual produk yang sesuai guna pencapaian laba bersih yang maksimal
  • Membantu dalam menghadapi fluktuasi kondisi pasar yang memengaruhi permintaan barang, harga jual, dan laba
  • Membantu manajer dalam memahami lingkungan ekonomi perusahaan
  1. Pentingnya mempelajari Ekonomi Manajerial, titik fokus studi ekonomi manajerial adalah pada upaya pemahaman yang sistematis dan konprehensif terhadap perilaku dan aktivitas unit-unit ekonomi (individual, rumah tangga, perusahaan, industri dan pemilik sumber daya). Sesuai dengan tuntutan eksistensinya, ekonomi manajerial ditujukan untuk menerangkan, menjelaskan dan meramalkan apa yang harus dikerjakan manajer (pelaku bisnis) dan merumuskan kebjakan-kebijakan strategis dan taktis yang berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan yang ingin dicapai: seperti penetapan harga, kuantitas dan kualitas output perusahaan, bagaimana mempengaruhi pilihan konsumen dalam membeli barang dan jasa, bagaimana mengelola teknologi, pengelolaan risiko, perbaikan efisiensi produksi dan biaya, memahami perilaku persaingan dan menyesuaikan berbagai kebijakan perusahaan dengan situasi pasar dan struktur industri yang dihadapi dan kebijakan-kebijakan lainnya.

  1. Nilai perusahaan adalah suatu kondisi tertentu yang sudah dicapai oleh sebuah perusahaan, sebagaimana gambaran dari kepercayaan masyarakat pada perusahaan setelah melalui beberapa proses mulai dari perusahaan didirikan sampai saat ini. Meningkatkan nilai perusahaan merupakan prestasi yang tidak mudah untuk diraih. Tak heran, jika peningkatan nilai perusahaan menjadi tujuan dan keinginan banyak perusahaan.  

    Proporsi nilai tersebut dapat diwujudkan dengan cara memahami para pelanggan. Perusahaan harus menjaga agar biaya untuk mewujudkan produk atau jasa lebih sedikit dari harga yang dibayarkan oleh para pelanggan. Selisih antara harga yang dibayarkan oleh pelanggan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mewujudkan apa yang dijual oleh perusahaan, dikenal sebagai keuntungan. Namun keuntungan tetap bukan menjadi tujuan utama.