Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan strategis perusahaan

Tujuan strategis perusahaan

 

Tujuan strategis perusahaan

Tujuan strategis

Cara Mengimplementasikan

Tujuan strategis, perusahaan harus melakukan langkah-langkah detail yang mencakup beberapa hal berikut ini:

1. Perusahaan harus membuat rumusan strategi yang berorientasi pada pengembangan bisnis di masa depan. Rumusan strategi harus beriringan dengan visi yang sudah ditetapkan pada saat mendirikan perusahaan.

2. Perusahaan harus mengutamakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu prioritas signifikan dalam merumuskan rencana strategis. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dari menjaga pelanggan lama yang loyal dan mendapatkan pelanggan baru.

3. Perusahaan harus memikirkan bagaimana rencana untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor. Siapkan pula rencana untuk mengantisipasi persaingan jangka pendek, menengah, dan panjang apabila bidang usaha yang digeluti cukup populer.

4. Perusahaan harus mengantisipasi perubahan kondisi pasar. Kondisi pasar mampu mempengaruhi kinerja dan prestasi perusahaan. Hal-hal yang mungkin muncul di dalam pasar adalah adanya persaingan baru, inflasi, hingga kejadian-kejadian tak terduga seperti bencana alam atau kelalaian manusia. Rumusan strategi harus mengakomodir ide agar dapat membantu perusahaan tetap bekerja optimal dan bertahan dalam kondisi-kondisi tersebut.

5. Perusahaan harus mengelola setiap bagian fungsional dan mengembangkan kapabilitas bisnisnya. Perusahaan memiliki komponen fungsional yang bermacam-macam. Terdapat berbagai divisi seperti administrasi, keuangan, pemasaran, teknis, hingga SDM. Semua bagian ini mempunyai peran yang berbeda satu sama lain namun dapat menunjang kesuksesan perusahaan apabila semua bagian bersinergi dengan baik. Kompetensi yang berbeda-beda di masing-masing bagian juga harus dikembangkan oleh perusahaan agar perusahaannya semakin kuat dan mampu menjalankan implementasi strategi bisnis yang baik.


Berikut adalah cara mengimplementasikan strategi bisnis yang efektif:

1. Analisis lingkungan eksternal dan internal

Analisis lingkungan eksternal seperti analisis pasar, komunitas, kompetitor, supplier, kebijakan pemerintah baik makro maupun mikro serta mengidentifikasi arah trend dalam bidang teknologi, sosial, politik, ekonomi, budaya, pertahanan dan keamanan. Sedangkan analisis lingkungan internal meliputi kemampuan SDM, suasana lingkungan kerja, aset penunjang, dan modal lainnya.

2. Lakukan analisis SWOT dan STP

Identifikasi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). Setelah itu lakukan analisis STP yang meliputi: segmenting, yaitu segmentasi pasar yang membagi-bagi target konsumen berdasarkan kriteria tertentu; targeting, yaitu menentukan konsumen mana yang menjadi target utama; positioning, yaitu menentukan promosi dan metode penjualan yang tepat.

3. Formulasikan strategi

Perhatikan visi, misi jangka pendek, menengah, dan panjang.

4. Implementasikan strategi

Implementasikan strategi dalam kegiatan korporasi, bisnis, dan fungsional.

5. Monitor dan evaluasi

Awasi seluruh aktivitas perusahaan apakah telah berjalan sesuai rencana strategis dalam kurun waktu tertentu baik mingguan, bulanan, dan tahunan agar jika terdapat penyimpangan dapat segera diperbaiki.